Thursday, May 2, 2013

Zaha Hadid, Kampiun Arsitek Wanita Dunia


       Lahir di Baghdad Iraq di tahun 1950, Zaha Hadid menimba ilmu ilmunya di American University di Beirut. Di bidang Matematika. Dia pindah ke London inggris di tahun 1972 untuk belajar arsitektur di Architectural Association dan lulus di tahun 1977, dia bergabung dengan Office of Metropolitan Architecture (OMA). Dia juga menjadi anggota dari Architectural Association (AA) dan kolaborator OMA Rem koolhaas dan Elia Zenghelis.
       Dia mulai membuka jasa arsiteknya di London di tahun 1980 dan memenangi kompetisi bergengsi untuk Hongkong Peak Club, sebuah pusat peristirahatan dan rekreasi di 1983. Melukis dan menggambar pada masa awalnya merupakan teknik penting untuk investigasi dalam pengerjaan desainnya. Sejak ia pameran retrospective 1983 di AA London, hasil karya arsitekturnya telah dipamerkan di pameran-pameran dunia dan banyak dari karyanya yang menjadi koleksi museum-museum penting didunia.
       Dikenal sebagai seorang arsitek yang secara konsisten mendobrak batasan dari arsitektur dan urban design, karyanya mencoba bereksperimen dengan konsep ruang yang mengintensifkan keberadaan lanskap urban dan menerima atau memberlakuka semua bidang desain dari skala urban ke interior dan furniture. 
       Ia terkena untuk karya seminal built-nya seperti Vitra Fire Station di 1993, Weil am Rhein Jerman dan The Mind Zoone di millennium Dome 1999 Greenwich UK, sebuah Sli jump 2002 di Innsbruck Austria dan Rosenthal center for Contemporary Art 2003 di Cincinnati Ohio. Bersamaan dengan praktek pribadinya Hadid menindak lanjuti untuk bekiprah di bidang akademik dan duduk sebagai professor tamu di Universitas Harvard, Universitas Yale dan universitas Illinois di Chicago, universitas Columbia dan University of Visual Arts di Hamburg dan University of Applied Arts di Wina Austria.


No comments:

Post a Comment