Saturday, May 25, 2013

Alvar Aalto (3 February 1898 – 11 May 1976)




Aalto memperkenalkan gaya kontemporer bersama dengan kemajuan ekonomi dan industrialisasi di Finlandia sehingga banyak dari kliennya merupakan pengusaha-pengusaha industri besar di Skandinavia. Tak lebih dari empat gaya arsitektur terlihat pada karya-karyanya yang diselesaikan selama bertahun-tahun, itulah mengapa dimasa kini Aalto dikenal sebagai arsitek paling tenar didunia.


Di tahun 1920-an, Aalto mengadaptasi gaya klasik Nordik dan mengekspresikannya melalui berbagai seri perumahan. Fungsionalisme dari gaya kedua telah ia coba dan hasil karya terbaiknya pada masa itu dalah perpustakaan Viipuri, sekarang adalah Vyborg di Rusia. Banguna n ini terkenal dengan bentuk bergelombang pada atap auditorium utamanya, sementara bagian luarnya mempunyai tipe bangunan bergaya modern.
studio Aalto di Helsinki











stool 60 karya Aalto yang melegenda
Pertengahan karirnya ditandai dengan percobaan pengguanaan bata merah untuk pembangunan baker House di MIT dan mendapat kesempatan untuk mendisain Helsinki’s University of Technology. Pencapaian yang monumental pada saat terakhir karirnya. Dua dari proyek terbesarnya adalah Finlandia Hall di Helsinki dan Aalto Theater Opera House di Essen yang baru selesai setelah ia wafat.

No comments:

Post a Comment