Wednesday, May 1, 2013

Tren gadget menggeser popularitas mobil



       Kecendrungan anak muda sekarang akan gadget, seperti smartphone dan internet telah berimbas pada turunnya penjualan mobil diseluruh dunia, walaupun bukan factor dominan namun perubahan gaya hidup yang terjadi dengan adanya fasilitas internet dan mobiles gadget punya pengaruh pada mobilitas sebagian besar penduduk dunia. Tak bisa dipungkiri mobilitas orang kini banyak terwakili oleh fasilitas online, dari online shop, situs jejaring social dari fb, tweetter dan rekan-rekannya, orang tak lagi mengantre berjam-jam untuk sekedar mengecek saldo di bank, hingga pendaftaran cabup dan sebagainya.
      Kini mobil bukan lagi impian dikalangan anak muda saat ini, mungkin untuk mobil-mobil yang eksklusif, atau mobil sport yang keren. Namun karena dewasa ini sarana transportasi umum diperkotaan yang kian murah dan mudah, serta fenomena pembangunan hunian vertikal di kota besar yang kian marak dengan fasilitas all in one, fasilitas perbelanjaan, kesehatan dan sekolah hingga rekreasi  dalam satu paket. Hal ini semakin mengurangi gerak fisik penduduk kota. Hal ini ditambah dengan tingkat urbanisasi yang semakin tinggi dikota-kota besar, tingkat kemacetan lalu lintas, kenaikan harga bbm yang terus-menerus, serta biaya pembelian dan pemeliharaan mobil yang tidak murah, merupakan indikasi turunnya antusias anak muda terhadap mobil.
       Hal- hal diatas menjadi perhatian penting dari para produsen automotif dunia, Mereka pun gencar melakukan terobosan-terobosan dan berbagai inovasi untuk mengembalikan lagi gairah pasar industri automotif dunia. Dengan banyaknya peluncuran city car, mobil untuk hanya dua penumpang ataupun mengusung isu go green, pun dengan harga yang terjangkau merupakan beberapa upaya yang dilakukan oleh pelaku automotif saat ini. Semoga langkah-langkah yang diambil bisa mencerahkan pasar automotif dunia.

No comments:

Post a Comment