Saturday, May 25, 2013

Frank Lloyd Wright

Solomon R. Guggenheim Museum di New York


http://www.ArchitectureWeek.com/2009/0318/index.htm
l


      Frank Lloyd Wright lahir di Richland Center, Wisconsin di tahun 1867. Dia dan keluarganya bermukim di Madison, Wisconsin di tahun 1877, dia menyelesaikan pendidikan di Second Ward School, Madison dari tahun 1879 sampai 1883, setelah mengenyam ilmu di University of Wisconsin dimana ia mengambil kursus untuk gambar mekanik dan matematika dasar, /wright berangkat ke Chicago disitu dia menghabiskan beberapa bulan di  kantor J.L. Silsbee sebelum menjadi bekerja dengan Adler dan Sullivan.
        Wright membawa pembaruan untuk konsep ruang interior pada arsitektur. Penolakan terhadap keberadaaan ruangan sebagai kotak dengan fungsi tunggal, Wright menciptakan ruangan yang saling tumpang tindih dan saling menembus dalam pembagian ruangan. Dia mendesain dengan menggunakan alat skrin atau penyekat dan merubah secara halus ketinggian dari langit-langit dan menggagas ide untuk mempertegas suatu ruangan yang berlawanan hingga pada ruang tertutup
       Dengan berbagai percobaan, Wright mengembangkan ide tentang prairie house sebuah bangunan memanjang dengan atap rendah seperti pesawat yang melayang dan penekanan horisontal. Dia mengembangkan rumah-rumah ini seputar bentuk silang dan L ataupun T yang digunakan sebagai unit dasar pengorganisasian. Dia mengintregasikan material-material yang sederhana seperti batu bata, kayu, dan plaster kedalam desainnya.
Di tahun 1914 Wrigth kehilangan istri dan beberapa anggota keluarganya ketika seorang pembantu membakar hangus Taliesin rumah dan studionya di Wisconsin. Tragedy tersebut mengubah karya arsitekturnya menjadi bentuk yang lebih kokoh dan bersifat melindungi atau protektif. Walaupun dia menciptakan beberapa karya selama 1920-an, Wright secara teoritis memulai pergerakannya ke arah baru yang akan membawanya pada karya-karya terbesarnya.
     Walter Burley Griffin merupakaan diantara arsitek yang tercatat merupakan jebolan  dari studio Wright. Di tahun 1932 Wright mendirikan perkumpulan Taliesin atau Taliesin Fellowship-sebuah grup yang apprentices bagi yang mengerjakan konstruksi, chores domestic dan pembelajaran desain. Empat tahun kemudian dia merancang dan membangun dua gedung yaitu Fallingwater dan Johnson Administration. Desain ini re-invigorated karir Wright dan memberikan komisi tetap, terutama untuk perumahan bagi yang berpendapatan menengah kebawah. Wright menjawab kebutuhan perumahan bagi yang perpendapatan rendah dengan  perumahan Usonian, sebuah model dari rumah prairienya yang pertama.
model prairie house ala Wright
     Selama akhir hidupnya, Wright membuat berbagai karya, terutama yang terpenting adalah Taliesin West, sebuah peristirahatan musim dingin dan studia yang ia bangun di Phoenix, Arizona. Dia wafat di Taliesin West di tahun 1959.

No comments:

Post a Comment