Saturday, May 25, 2013

Le Corbusier (6 October 1887 – 27 August 1965)


le corbusier chaise
    Pemikiran Le Corbusier tentang bangunan tanpa keramaian ornament yang akan menciptakan kota yang cerah dan lebih bersih dimasa mendatang. Konsep ini membawa ke dua perkembangan gaya yaitu gaya Bahaus Jerman, yang lebih focus pada aspek social pada perencanaan gedung-gedung dan gaya Internasional Amerika yang merupakan symbol dari kapitalisme, gaya yang menjadi kegemaran diantara para pembuat gedung perkantoran dan masyarakat kelas atas.Gedung karya Le Corbusier yang terkenal diantaranya Unite d’Habitation di Marseille. The National Museum of Western Art di Tokyo. Chapelle Notre Dame du Haut di Ronchamp dan The Center Le Corbusier di Zurich.
villa savoye


     Charles Edouard Janneret adalah nama asli dari Le Corbusier ( dari bahasa prancis yang berarti seperti gagak). Bukan saja seorang arsitek dan perintis dari gaya Internasional tapi juga seorang desainer, urbanis, penulis dan pelukis. Ia merupakan orang pertama dari bidang ilmunya yang peduli dengan qualitas hidup di kota besar dan padat.
    Le Corbusier memulai lima decade karirnya dengan mendesain vila-villa dengan menggunakan teknik modern. Dia mendesain villa Savoye dekat Paris, sebuah bangunan yang merupakan pondasi dari arsitektur modern, ini merupakan pemikiran dari Le Corbusier tentang a machine a habiter atau mesin untuk hidup didalamnya, sebuah proyek luarbiasa yang dibuktikan menjadi seindah dan sefungsional ala mesin.

No comments:

Post a Comment