Friday, May 17, 2013

Louis Sullivan (3 September 1856 – 14 April 1924)


Henri Luois Sullivan
      Louis Henri Sullivan adalah bapak dari arsitektur modern, Cirikhas dari gayanya adalah penyederhanaan bentuk, sementara untuk detail ornament diolah menjadi struktur dan tema dari bangunan. Sullivan terhitung sebagai salahsatu pencipta gedung pencakar langit, dengan keikut sertaanya dalam semaraknya pembangunan gedung-gedung di Chicago yang mengikuti Great Fire di tahun 1871.

   Louis Sullivan merupakan salah satu arsitek pertama yang pada masanya memperkenalkan teknik konstruksi kolom-bingkai. Yang memungkinkan gedung-gedung tinggi dengan jendela-jendela besar bisa dibangun, metode ini menggunakan  penggunaan girders baja, yang menopang dari dinding tembok, lantai dan langit-langit agar bisa menyangga beban berat dari gedung. Dia bekerja untuk Dankmar Adler ditahun 1879, dimana ia merancangkan bangunan-bangunan terkenal seperti: The Auditorium Building di Chicago, Wainwright Building di St. Louis dan Prudential Building di Buffalo, New York.

The Prudential Building
       The Auditorium Building merupakan salah satu hasil desainnya yang terkenal dan merupakan gedung pertama untuk Chicago Civic Opera dan Chicago Symphony Orchestra. Yang sekarang dikenal sebagai landmark nasional yang bersejarah. Karya pribadinya adalah The Sullivan Center (yang sebelumnya merupakan Carson, Pirie, Scott and Company Building) di Chicago, the Bayard-Condict Building di New York City dan the Krause Music Store di Chicago. Semua karyanya ini diperkaya dengan detail Art Nouveau. Berkat Louis Sullivan . gaya Art Nouveau yang pertama berkermbang di Belgia menjadi mendunia.
      

No comments:

Post a Comment