Saturday, May 18, 2013

Frank Gehry (lahir. 28 February 1929)


     Di anugerahi gelar sebagai arsitek terpenting dalam abad ini oleh Vanity Fair, Frank Gehry mempunyai portfolio yang menakjubkan, yang hasil karyanya bisa dikatakan sebagai ikon dari arsitektur kontemporer, walaupun pada pernyataan ini mungkin di perdebatkan , satu hal yang jelas bahwa gedung-gedung Gehry termasuk kediaman pribadinya menjadi daya tarik untuk turis diseluruh dunia. Dia merupakan salah satu arsitek besar di masa kini yang menjadi terkenal oleh kediaman pribadinya di Santa Monica, California.
     Frank Gehry secara jelas mewakili dari Dekonstruktifisme, gaya ini juga disebut sebagai  arsitektur DeCon, yang merupakan pengembangan dari cirikhas arsitektur postmodern dengan ide fragmentasi dengan cara manipulasi permukaan. Tidak seperti kebanyakan gaya yang berlaku dalam penerapannya DeCon bentuk tidak mengikuti fungsi, walaupun banyak ahli yang mengkritik model bangunan ini,  bentuk gaya DeCon akan selalu mencuri perhatian,
        Gehry merancang puluhan gedung diseluruh dunia dan saat ini ada sekitar 23 proyek yang masih dalam tahap konstruksi. Beberapa karya   termasuk The Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, The Guggenheim Museum di Bilbao, Der Neue Zollhof di Düsseldorf dan the Marqués de Riscal Vineyard Hotel di Elciego.


The Guggenheim Museum Bilbao



Marqués de Riscal Vineyard Hotel

                                                                                                       

No comments:

Post a Comment