Saturday, May 25, 2013

Santiago Calatrava (lahir. 28 July 1951)


      Calatrava lahir di Valencia dan menjadi salah satu arsitek besar, pematung, dan insinyur bangunan di Spanyol yang kita jumpai di abad ini. Pengenalan secara internasionalnya di mulai dengan pembukaan kantor –kantor di Valencia, Zurich , Paris dan New York.
     Ia menjalankan berbagai proyek sipil enjinering di awal karirnya seperti jembatan dan stasiun kereta api. Jembatan Puente Del Almillo di Seville adalah karya yang paling menonjol dalam konstruksi sipilnya.dan dengan cepat menjadi landmark di kota Seville. The Montjuic Communications Tower di Barcelona dan the Allen Lambert Galeria merupakan karya pertamanya sebagai seorang arsitek. Gedung 54 lantai dengan menara memelintir di Malmo Swedia ( HSB Turning Torso) juga di desain oleh Calatrava dan merupakan gedung hunian tertinggi kedua di Eropa.
    Calatrava telah mendesain gedung yang menakjubkan dalam waktu kurang dari dua decade. Namun ia telah menjadi  sebuah karya yang impresif yang akan membuka kesempatan lebih banyak kedepannya. Dia sedang mendesain stasiun masa depan di World Trade Center Transportasion Hub dan merencanakan banyak proyek lain.

No comments:

Post a Comment