Monday, April 1, 2013

Tentang Warna

Warna dan warna

       Biasanya bagi anda yang berkecimpung didunia desain serta seni pasti tidak bisa lepas dari sesuatu yang disebut sebagai warna. Warna sangat lekat bagi anda dalam menciptakan karya baik seni ataupun desain . dan sering kita jumpai dalam aplikasi yang anda gunakan untuk mendesain atau berkesenian dalam hal grafis seperti autocad, coreldraw, ataupun photosop dan teman-temannya. dalam hal ini penulis akan membahas  mengenai penggunaan warna:

       Teori lingkaran warna yang dikemukakan oleh Brewster yang terkenal menetapkan bahwa warna berasal dari 3 warna pokok yaitu merah kuning biru. Campuran dari warna primer akan menghasilkan warna skunder, seperti oranye, ungu dan hijau. Berapa hal tentang warna yang perlu anda ketahui:
1.Kombinasi warna adalah memadukan 2 warna atau lebih

  • Kombinasi harmonis, campuran dari warna senada yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna,misal  hijau tua dengan muda. Disebut monogromatik  diperoleh dengan penambahan warna hitam atau warna putih secara teratur.

  • Kombinasi warna kontras. Paduan warna yang letaknya berlawanan dalam lingkaran warna. Seperti, hijau, merah, biru, jingga, dan lainnya yang diperoleh dari campuran warna terang dan gelap.

  • Kombinasi warna analog, adalah campuran dua sampai tiga corak warna, misal warna biru dicampur dengan ungu dan merah,  biru dicampur  hijau dan  kuning, merah dengan oranye dan  kuning.

2.Warna netral, yaitu warna putih, hitam, dan abu-abu yang secara teoritis tidak masuk warna.
3. Penggunaan warna atau tujuan warna digunakan
  • a.     Cara heraldis, penggunaan untuk perlambangan, misal warna merah untuk keberanian, kegembiraan, dan gairah yang membara. Warna putih untuk kesucian, kesetiaan. Warna  hijau untuk pertumbuhan dan kesejukan.
  • b.     Cara murni,yaitu penggunaan warna secara bebas. Misal kuda dilukis dengan warna biru atau ungu, dalam seni warna digunakan unsur sebagai keindahan.
  • c.      Cara naturalis, yaitu penggunaan warna sesuai keadaan aslinya yang terdapat dialam, misal laut biru, warna daun hijau, tanah cokelat .
Sifat warna
Warna memiliki sifat berbeda- beda, yang dikelompokkan menjadi 3 yaitu; hue value dan intensity
  • Hue adalah istilah untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah biru, kuning,  hijau dan lainnya. Perbedaan warna antara merah dengan biru, kuning dengan merah adalah perbedaan dalam hue
  • Value merupakan istilah untuk menyatakan gelap terang warna atau nilai dari hue, untuk mengubah value misal, merah normal ke merah muda dapat dicapai dengan cara menambah warna putih atau  memgencerkan warna itu, hingga tercapai kesan terang. Untuk memberi kesan gelap merah tua dengan menambah warna hitam.
nilai yang berada dibawah low value, ditengah adalah middle value, dan dibagian atas: high value. Sedang value yang lebih terang disebut tint dan yang lebih gelap disebut shade.
Close value adalah value yang berdekatan atau bersamaam dan kelihatan lembut dan terang.
  • Intensity atau chroma adalah istilah untuk menyatakan cerah atau suramnya warna,  kualitas atau kekuatan warna. Warna yang intensitasnya penuh tampak mencolok dan tegas, sedang warna yang intensitasnya rendah tampak lembut.l
Berdasar paduan warna atau color scheme dibagi 3 tipe:

  • Warna monokromatik adalah tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan satu warna, misal urutan warna merah tua ke muda.
  • Warna komplementer yaitu 2 warna yang berlawanan kedudukannya dan saling berhadapan.  Kuning kontras dengan ungu, biru kontras jingga.
  • Warna analogus adalah tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan beberapa warna misal, biru, biru kehijauan, hijau, hijau kekuningan dan lain-lain. Sumber dari LKS seni budaya untuk SMK

No comments:

Post a Comment